Tabungan adalah sebuah simpanan yang anda sisihkan dari pendapatan yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau keperluan lain. Tabungan dapat digunakan dan ditarik kapan saja tanpa terikat perjanjian dan waktu.

Biasanya jenia tabungan yang paling sering digunakan oleh banyak orang saat ini adalah di Bank. Banyak kemudahan yang ditawarkan bank bagi calon nasabah yang ingin menabung. Salah satu kemudahannya adalah dapat menarik uang tunai secara mandiri melalui ATM yang didistribusikan oleh Bank.

Saat anda ingin menabung di bank biasanya anda akan mendapatkan seperti kartu ATM, buku tabungan, mobile banking dan beberapa layanan lainnya sesuai kebijakan masing-masing bank. Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis tabungan dan setiap jenis tabungan memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis tabungan.

Apa saja jenis-jenis tabungan?

Tabungan anak

Tabungan ini digunakan untuk anak-anak. Tujuan memiliki tabungan anak adalah untuk melatih anak-anak Anda agar terbiasa menabung sejak dini. Perbedaan mendasar dari tabungan ini adalah jumlah tabungan yang kecil, karena anak biasanya tidak diberikan uang dalam jumlah besar.

Tabungan konvensional

Untuk yang pertama jenis ini merupakan tabungan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Nasabah tabungan biasanya diberikan buku tabungan, kartu debit dan layanan perbankan, termasuk SMS banking, mobile banking dan internet banking. Jenis tabungan yang satu ini memiliki bunga yang cukup rendah, karena tujuannya hanya untuk menabung, bukan untuk mengembangkan dana.

Tabungan haji

Tabungan haji sering digunakan bagi Anda yang memiliki rencana menunaikan ibadah haji dalam beberapa tahun ke depan. Jika nominal yang diminta sudah tercapai, maka dana bisa dicairkan dan digunakan untuk membayar biaya haji.

Ketentuan serta dokumen yang biasanya berbeda dari tabungan biasa. Karena untuk rekening tabungan yang satu ini, Anda tidak hanya memerlukan pertanyaan nominal dan identitas diri, tetapi juga harus menyiapkan riwayat kesehatan. Untuk awal biasanya berbeda tergantung kebijakan masing-masing bank dalam masalah setoran. Akan tetapi semakin besar dana yang disetor, semakin cepat tujuan Anda tercapai.

Tabungan giro

Tabungan ini sering disebut dengan tabungan usaha, karena fasilitas tabungan ini ditujukan untuk keperluan bisnis seperti transfer ke beberapa rekening dan transaksi dapat menggunakan cek dan slip. Perorangan atau badan usaha dapat membuka rekening giro dan setoran awal minimum adalah 2 juta hingga 3 juta.

Tabungan berjangka

Tabungan ini sangat cocok bagi anda yang nemiliki beragam keinginan. Karena bisa anda memperkirakan jumlah uang yang akan anda simpan. Biasanya jumlah bunga tabungan berjangka ini relatif lebih baik dibandingkan dengan tabungan konvensional dengan bunga tabungan 3 persen sampai 7 persen per tahun. Akan tetapi term deposit hanya dapat diambil sesuai dengan yang telah disepakati.

Tabungan Mata Uang Asing

Tabungan ini juga dikenal sebagai valuta asing atau mata uang asing. Biasanya nasabah yang menabung dengan jenis tabung ini menggunakan mata uang asing contohnya dollar, yuan, bath dan mata uang asing lainnya.

Namun, bagi Anda yang hanya memiliki rupiah, Anda tetap bisa berinvestasi dengan menukarkan rupiah Anda dan menundanya ke mata uang asing. Untuk uang setorannya beragam hanya saja tabungan ini bisa memberikan keuntungan yang lebih besar karena kurs konversi mata uang asing lebih tinggi dari rupiah.

Selain jenis diatas anda juga bisa menabung uang dalam bentuk investasi, contohnya di P2P Lending. Dimana P2P lending sendiri yaitu sebuah bentuk investasi yang mana bisa berbentuk pinjaman ataupun bisnis dengan keuntungan lebih 10%.

Jika anda tertarik mengenai hal itu anda bisa melakukannya di Akseleran. Di Akseleran Anda bisa mulai menabung hanya dengan Rp 100.000. Selain menabung, Anda juga bisa menikmati bunga hingga 16% per tahun. Jadi tidak hanya menabung, Anda juga bisa mengembangkan dana Anda.

Setiap dana yang Anda simpan di platform P2P Lending Akseleran juga dapat membantu mengembangkan UKM di Indonesia, sehingga banyak manfaat positif yang bisa Anda dapatkan dari menabung di Akseleran.

Demikian penjelasan yang dapat kami paparkan. Apabila anda kurang paham akan yang kami jelaskan anda bisa langsung menghubungi CS kami di website https://www.akseleran.co.id/.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *