Pameran otomotif GIIAS 2022 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 11 21 Agustus 2022 akan menyajikan deretan mobil listrik. Dari mulai Toyota, Hyundai, DFSK, Wuling, Nissan, Mitsubishi hingga Mini dan BMW akan menampilkan mobil listrik dengan beragam kecanggihannya. Toyota diprediksi akan memboyong mobil yang akan digunakan dihelatan KTT G20, yakni SUV bZ4X. Toyota BZ4X berkapasitas 5 penumpang, dengan penggerak roda depan dan all wheel drive (penggerak semua roda).

Desain grille berbentuk heksagonal ukuran kecil di bagian bawah, dengan sejenis ‘insang’ vertikal di ujung kanan dan kiri mobil. Headlamp empat elemen dengan teknologi LED, serta lampu Daytime Running Light (DRL) bagian atas, terdapat aksen strip. Mobil ini dibekali dengan tenaga penggerak tipe AC synchronous electric generator. Untuk tipe FWD nya, BZ4X mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 150 kW, sedangkan model AWD, bisa menghasilkan tenaga puncak 160 kW.

Kedua model penggerak memakai baterai lithium ion yang ditanam di lantai mobil, dengan tegangan 355 volt. Sementara total power yang dihasilkan mencapai 71,4 kWh. Selain kehadiran pertama kali bZ4X di publik, Toyota juga tentu akan membawa Coms dan C+Pod. Pabrikan Korea Selatan, Hyundai tentu akan memboyong Ioniq 5, Kona Electric dan selanjutnya Genesis G80 yang akan digunakan di KTT G20 Bali pada November 2022.

Mobil listrik Genesis G80 menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 87,2 kWh, yang memberikan tenaga 272 kW dan torsi 700 Nm yang disalurkan ke sistem gerak e AWD. Wuling tentu akan menghadirkan mobil listrik terbarunya Air EV di GIIAS 2022. Mobil ini sudah mulai ditawarkan ke konsumen dengan estimasi harga Rp 250 juta Rp 300 juta. Wuling Air EV memiliki desain yang futuristik dengan tarikan garis lampu yang tipis di bagian depan dan belakang.

DFSK memastikan akan menampilkan kendaraan listrik komersial pertama miliknya, Gelora E. Yang terbaru, perusahaan juga akan pamer DFSK Mini EV yang dikenalkan saat Periklindo Electric Vehicle Show bulan lalu. Produsen belum mengungkapkan lebih banyak detail mobil ini, kemungkinan di GIIAS seluruh detailnya akan diungkap. Mitsubishi juga akan menghadirkan kendaraan komersial listrik pertama mereka Minicab Miev. Mobil listrik berpenggerak listrik murni ini tengah diuji coba Mitsubishi dengan rekanan mereka di Indonesia sebelum akhirnya akan dijual secara resmi di Tanah Air.

Mobil listrik Nissan Leaf baru dikenalkan di Indonesia pada Agustus 2021. Mobil bertipe edium hatchback ini dijual ke konsumen dengan harga mulai Rp 719 juta. Nissan Leaf sendiri menggunakan baterai lithium ion 40 kWh yang dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC). Mini akan membawa Mini Electric, mobil yang masih diimpor langsung dari Inggris. Mini Electric dibanderol dengan harga mulai dari Rp 945 juta Rp 955 juta, off the road.

Sementara BMW, diprediksi akan memboyong BMW i4 dan iX, yang telah dijanjikan perusahaan sejak tahun lalu. Merek mobil premium lainnya, Lexus kabarnya akan membawa mobil listrik UX300e pada GIIAS tahun ini. Sebelumnya UX300e sudah diluncurkan perdana di Indonesia pada 2020. Chery diperkirakan akan menampilkan mobil listrik QQ Ice Cream. Chery QQ Ice Cream dikembangkan sebagai mobil perkotaan yang pertama muncul di sub divisi iCar Ecology dari Chery.

Mobil listrik mungil ini menggunakan motor listrik TZ160XFDM13A yang mampu menghasilkan tenaga hingga 20 kW atau setara 26,8 daya kuda dan torsi maksimal 85 Nm. Mobil listrik murah meriah ini bisa dipacu hingga kecepatan 100 km/jam. Sumber tenaganya berasal dari baterai lithium iron phosphate. Baterai tersebut mampu memberikan tenaga mobil listrik ini untuk melaju dengan jarak 120 170 km, dalam kondisi baterai penuh.

Gaikindo memastikan pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali diselenggarakan selama 11 hari mulai 11 21 Agustus 2022 di BSD City, Tangerang. Yang membuat GIIAS 2022 makin menarik, pameran ini akan menampilkan banyak kendaraan listrik dari berbagai agen pemegang merek (APM) Tanah Air. Hal ini sejalan dengan tekad Gaikindo yang akanmengedepankan dan memperkenalkan teknologi kendaraan berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) di GIIAS 2022.

Ini akan menjadi bentuk dukungan GAIKINDO dan industri otomotif Indonesia pada upaya Pemerintah mendorong transisi ke energi bersih dan berkelanjutan dan pengembangan ekosistem industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, menyatakan gelaran GIIAS 2022 akan memberikan informasi dan edukasi mengenai ekosistem kendaraan listrik melalui berbagai program, seperti konferensi the 16th Gaikindo International Automotive Conference (GIAC) dan seminar. Di GIIAS 2022 sejumlah kendaraan listrik terbaru akan diperkenalkan dan diluncurkan untuk pertama kalinya di pasar Indonesia.

Total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial akan berpartisipasi pada GIIAS 2022. Mereka adalah Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling. Dari lini kendaraan niaga akan tampil Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo mengatakanuntuk memperkenalkan masyarakat kepada berbagai keunggulan kendaraan listrik, GIIAS 2022 menyiapkan area khusus di ruangan pameran untuk mengetes langsung kendaraan listrik yang dipamerkan. Area khusus ini diberi nama GIIAS Electric Vehicle (EV) Test Track. “Untuk membangun pengetahuan dan menanamkan pengertian masyarakat kepada kendaraan bermotor berbasis baterai, GAIKINDO menghadirkan satu area khusus dimana para pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai kelebihan kendaraan bermotor berbasis baterai atau mobil listrik," ujar Rizwan.

"Area GIIAS Electric Vehicle (EV) Test Track Kami siapkan didalam ruangan,” imbuhnya. Area GIIAS EV Test Track akan didesain sedemikian rupa untuk menonjolkan kelebihan kendaraan bermotor berbasis baterai agar pengunjung mendapatkan pengalaman langsung berkendara dengan kendaraan listrik, area tersebut juga dilengkapi dengan area charging station. Menurut Rizwan, area ini dihadirkan untuk memberikan edukasi bagaimana proses pengisian daya masing masing kendaraan bekerja.

Konferensi pers penyelenggaraan GIIAS 2022 di Jakarta, Rabu, 20 Juli 2022. (dok.) Pada area tersebut, seluruh pengunjung akan mendapatkan pendampingan dari para product expert kendaraan listrik, dari masing masing Agen Pemegang Merek (APM) yang juga akan memberikan berbagai informasi terkait kelebihan dari kendaraan listrik dan pengalaman berkendara yang benar dan sesuai dengan karakter kendaraan listrik. Total ada lebih dari 10 kendaraan listrik dari berbagai merek yang dapat dicoba langsung oleh pengujung di area GIIAS EV Test Track di Hall 10 ICE – BSD City, Kab. Tangerang. GIIAS 2022 juga akan diikuti 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022 seperti karoseri Adi Putro, Laksana, Tentrem, dan merek merek ternama roda dua juga berpartisipasi pada GIIAS tahun ini; Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Keeway, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.

GIIAS 2022 mendapat dukungan sponsor utama Astra Financial bersama FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, dan MauCash, MOXA, dan SEVA. GIIAS 2022 juga mendapatkan dukungan dari OLX Autos sebagai Official Trade in Partner, Powered by Pertamax Turbo, serta GT Radial, Llumar, Astra Honda Motor, Protera, Permata Bank dan SuperChallenge sebagai sponsor.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *